STRATEGI MENJADI PEMIMPIN KHARISMATIK

Sabtu, 07 November 2015, November 07, 2015 WIB Last Updated 2021-08-10T23:14:29Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


 OLEH: 
DONI DAN HERIS (SMK AL-QODIRI 1 JEMBER)
Bila anda bercita-cita menjadi pemimpin di bidang apapun itu maka anda seharusnya punya pesan karismatik. Sehingga anda akan mudah mengarahkan sumber daya organisasi untuk mencapai target dan tujuan. Kabar baikna, karisma itu ternyata bisa dipelajaridan dipraktekkan. Berikut ini beberapa taktik untuk menjadi seorang pemimpin karismatik:
1.    Memiliki cara meyampaikan pesan yang effektif
Pmimpin karismatik harus paham betul bagaimana menyampaikan pesan kepada para anggotanya agar diingat dan menghujam kedalam memori mereka. Oleh karena itu, pemimpin karismatik akan selalu mengunakan taktik pemilihan kata, perbandingan kata, analogi atau kadang bercerita dengan anekdot tertentu dalam menyampaikan pesanya. Kita jarang sekali menemukan pemimpin yang mampu memberikan kata-kata dengan pembandingan dan perumpaan tertentu karena cenderung dapat diangap berlebihan. Apalagi para manajer perusahaan sekarang ini sedikit sekali yang tertarik dan berkeinginan mempelajari teknik orasi. Namun, sampaikanlah pesan agar orang lain mengerti dan ingat urgensi dari pesan tersebut.
2.    Mampu mempengaruhi anggota dengan teknik retorika
Pemimpin karismatik harus mampu membuat para angotanya merasa miliki dan terlibat un tuk melakuan apa saja yang disampaikan oleh sang pemimpin. Mereka mampu membuat para anggota merasa ikut bertanggung jawab terhadap sukses tidaknya pencapaian target. Oleh karna itu, pemimpin berkarisma akan selalu menggunakan teknik pernyataan retorika dan pengulangan kata saat menyampaikan pesan kepada anggotanya. Seorang pemimpin karismatik harus mampu melibatkan tanggung jawab dari semua anggota lewat kemampuan retorik. Misalkan,”kalau bukan kita siapa yang akan melukannya?” atau”siapa yang hendak menggapainya bila bukan kita yang memulainya” dan lain sebagainya.sang pemimpim selalu menyadarkan betapa semua harus dimulai dari dalam diri anggota karena semua hasil langsung dan tidak langsung adalah untuk kepentingan bersama.sementara itu, repetisi kata lsangat efektif dalam membujuk orang lain agar cepat bertindak.
3.    Menunjukkan integgritas dan otoritas
Pemimpin karismatik harus mampu menunjukkan integgritas dan otoritas di hadapan paraanggotanya. Ini suatu yang sudah pasti tentunya. Oleh karena itu, para pemimpim karismatik akan selalu menggunakan teknik keyakinan moral,sentimen kelompok,harapan­-harapan besar, dan berbicara penuh percaya diri dihadapan parra anggotanya.teknik ini sangat mudah untuk dimengerti karena banyak contoh positif dan negatif bisa kita lihat dalam kehidupan ini. Betapa suatu kelompok begitu relanya melakukan suatu gerakan karena perasaan memiliki yang berlebihan terhadap organisasinya, keyakinan moral bahwa mereka melakukan sesuatu yang baik dan harapan untuk bisa hidup lebih baik.
4.    Memiliki keahlian dalam bahasa tubuh
Seorang pemimpin kharismatik harus memiliki keahlian dalam bahasa tubuh. Intonasi kata yang bertata baik, sikap tubuh yang alami tidak dibuat-buat dan ekspresi wajah yang selalu mencerminkan ketulusan terhadap ucapan dan tindakan.
5.    Memiliki sikap terbuka dan dekat dengan anggotanya
Kalau taktik terahir ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi. Sudah pasti semua paham karena seorang pemimpin berkarisma itu memiliki sikap terbuka mau dekat dengan anggotanya.
Dengan membaca teknik diatas,kita simpulkan bahwa seorang pemimpin karismatik itu memiliki kemampuan berkomonikasi verbal maupun non-verbal yang sangat baik.selama ini kita masih bingung apa yang membuat seseorang itu menjadi karismatik. Rupanya kemampuan berkomonikasi menjadi salah satu syaratnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+