IWAN FALS DI AL-QODIRI

Rabu, 23 Maret 2016, Maret 23, 2016 WIB Last Updated 2021-08-10T23:14:15Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


“Siapa bilang pesantrean tempat para teroris, yang mengatakan itu orang-orang bodoh yang tidak faham pesantren”. Itulah penggalan teriakan  Dr. Al Zastrouw selaku pimpinan group musik religi Ki Ageng Ganjur di pembukaan konser spiritual bersama idola kita Bang Iwan Fals di Ponpes Al Qodiri Patrang Jember. Menurut “DAZ” pesantren justru tempat diajarkannya nilai-nilai manusiawi yang tinggi berlatar Islam. Juga tempat pusat budaya dan kesenian. Semua diajarkan disana sejak dahulu zaman wali songo. Dan menurutnya juga berdakwah dengan musik bukanlah suatu ” bid’ah “. Semua orang berhak bedakwah sesuai dengan keahliannya selama baik dan benar. Karena selama ini sosok Iwan Fals terusik dengan sebuah kutipan Imam Bukhori yang menyatakan bahwa semua seniaman (termasuk sastrawan dan wartawan) kelak akan masuk neraka. Untuk itu dalam perjalanan spiritual ini Bang Iwan Fals  mencari pengertian dasar kutipan tersebut pada Ulama-ulama dan Kyai-kyai yang dia singgahi. Dan hingga saat ini para Ulama dan Kyai yang telah Iwan singgahi banyak yang mendukungnya. “Selama seni tersebut membawa pada kebaikan dalam siar agama maka itu sangat dianjurkan” demikian Bang Iwan Fals ber-opini didepan wartawan. Konser yang bertajuk lagu-lagu religi itu mendapat antusias dari para santri luar dalam ponpes setempat. Belum lagi antusian masyarakat dan tak luput juga para penggermar yang fanatis meneriakan yel-yel Oi (orang Indonesia).

Bahkan seorang Iwan Fals sendiri juga di idolakan  KH Ahmad Muzzaki Syah selaku pengasuh ponpes Al Qodiri. Menurut beliau Iwan Fals adalah sosok legendaris yang jujur bicara soal wajah negeri ini. Lagu-lagunya juga menghiasai tape di mobil beliau sebagai teman dalam perjalanan berdakwah di penjuru negeri ini. Salut buat Kyai H Muzaki!

Konser ini bertepatan dengan menimpanya bermacam bencana di tanah air kita. Tsunami menerjang Wasior dan sekitarnya telah memakan ratusan korban tewas maupun luka. Belum lagi letusan amuk Merapi yang menimpa saudara-saudara kita. Sungguh konser malam itu penuh dilantunkan doa-doa bagi korban bencana disana. Sebelumnya juga sehabis sholat maghrib sampai isak Iwan Fals bersama “DAZ” diajak istighozah bersama oleh Kyai H Muzaki dan ratusan santri beliau untuk mendoakan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah disana.


Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+