MAISHA JESLYN DAN SUKARNO

Minggu, 27 November 2016, November 27, 2016 WIB Last Updated 2021-08-10T23:13:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
MAISHA JESLYN dan SUKARNO
written by: Fikri Farikhin,M.Pd.I


***HASIL OBROLANKU DENGAN SISWA SMP OXFORD BRITANIA RAYA, INGGRIS.****

SEMOGA KITA BISA MENGAMBIL HIKMAHNYA.

Maisha Jeslyn, ya, itu adalah sebuh nama. Nama seorang gadis dari Britania Raya (Britain), yang sekarang masih belajar di SMP kelas delapan, di sekolah OXFORD BRITAIN, Inggris. Bisa dibilang anaknya manis dan yang paling aku suka, dia layaknya orang dewasa ketika saya ajak bicara.

Hari ini adalah hari Minggu malam, aku sore hari sebelum maghrib, memanggil salah satu santri putra Al-Qodiri, Mohammad Fitroh Ardiansyah untuk menemani saya belanja buku di Togamas dan Gramedia. Setelah adzan maghrib berkumandang, aku langsung persiapan shalat maghrib dan lalu kita berangkat ke togamas. Sampai disana, aku mencari buku yang berjudul BUMI MANUSIA karya fenomenal Pramudya Ananta toer. Tapi tak menemukannnya. dan akhirnya untuk menebus kekecewaanku, aku beli buku dengan judul AHOK, Hargaku adalah nyawaku, karya AGUS SANTOSA.(jangan sakit hati ketika saya bilang Ahok), maaf bagi yang gak suka.

Lalu saya ke kasir, ternyata mbaknya manis. Pipinya merah. Lalu saya namanya,

            “namanya siapa mbak yang manis ini?”

Lalu dia jawab, “ini mas, kan ada namanya”. Dia memperlihatkan nama yang di tempel  di dadanya.

            “maksud saya nama lengkapnya mbak,”,

            “nama lengkap saya SITI NUR LAILA, mas” dia manggil saya mas, wkwkwkwk, kalo teman saya ada yang tau, pasti di olok2, karena udah tua masih dipanggil mas.

Lalu dia melanjutkan perkataannya, “SITI NUR LAILA itu artinya apa mas?”

            “loohhh, ya tanya bapak ibumu mbak. Kok tanya saya”

            “yee....., masnya kok gitu, siapa tau masnya tau.”

            “ya taulah. Kan saya pernah belajar”

            “emang apa artinya mas”

            “SITI NUR LAILA, itu artinya, Kelembutan cahaya malam.jadi kalau dipandang itu cerah enak dipandang, seperti aku melihat mbak malam ini, indah sekali dan enak dilihat.hehehehe”

            @@@@

Setelah membayar buku di mbak tersebut, saya ucapkan terima kasih, dan dapat hadiah senyuman dari mbaknya, lalu saya mengajak Mr Fitroh ke gramed. Dan di gramed aku dapat buku bagus, meskipun aneh, bukunya berjudul 60 HARI HAFAL QUR’AN, akhirnya saya beli, karena gak menemukan buku yang clik dengan hati. Akhirnya buku itu lah yang kubeli. Setelah itu kami pergi ke Universitas Jember, karena akan memberikan kunci pada temannya Mr Fitroh, sebab dia gak bisa masuk USEF  sebab gak bawa kunci.dan setelah itu kami pergi depan gedung UNIVERSITAS JEMBER untuk makan malam, kami mengambil makan malam dengan menu, lele bakar, plus sosis bakar dan terong bakar. Dan murah sekali. Hanya delapan ribu, ingin kembali esok hari kalo ada kesempatan kayaknya. Rasanya maknyessss, gitu. Looo.

Maaf gagal fokus, kita kembali ke laptop

Kita kembali lagi membicarakan anak gadis manis yang bernama MAISHA JESLYN.

Dari tempat inilah, cerita ini bermula.

Di Fb, dia mengomentari video amatir ku yang dibuat saudara afwan hadi anak elca tahun 2011 silam. Dia mengatakan dalam bahasa Inggris begini,

this man who uploads this video is moslem ?? (laki-laki yang mengunggah video ini muslimkah?

Lalu saya jawab,

Yes miss, why?

Lalu dia menjawab begini:

you call me miss ?? it's weird,, i'm still young ..(anda memanggil saya Miss, ini aneh, saya masih sangat muda)

So, what should I call? (lalu, apa seharusnya bagaimana saya memanggil anda?)

all up to you .., may be, better's by sister ..(terserah anda saja, mungkin lebih baik anda memanggil saya dengan panggilan adik aja)

lalu aku jawab,

Ok, young beautiful lady. What is your opinion with my video? (oke, gadis muda yang manis nan cantik, apa pendapatmu tentang videoku ini?

this video ?? i think it's hang out video.. it's right ?? I dun' knuw abot this video,, it's like malay language,,(video ini ya? Menurut saya, ini video acara santai-santai, benar gak ? saya gak tau tentang video ini, ini menurutku kayak bahasa Malaysia.)

lalu aku jawab begini,

Yup, malay language is closest with indonesian,but better indonesia (ya, bahasa malaysia itu dekat atau mirip sekali dengan bahasa indonesia. Tapi bahasanya menurut saya lebih bagus indonesia.)

this malaisya ??? (apakah ini malaysia?)

No, i am indonesia.and u? (bukan, saya dari indonesia, dan anda darimana?

sorry, I think you malaisya people, i'm britinian ...(maaf, Saya kira anda adalah orang malaysia. Saya orang britania raya , inggris.)

lalu, saya merasa tidak enak kalau percakapan tersebut kita panjangkan di tempat koment facebook. Lalu akhirnya aku kirimi dia inbox.

Good evening, young lady. Nice to meet you. I am fikri From Indonesia.

Lalu dia membalas, katanya, dia bernama MASHIA JESLYIN. Dia berasal dari Britania Raya , Inggris dan sekarang sekolah di OXFORD School, smp kelas delapan (eight grade).

Ini dia percakapannya,

“by all means....nice to meet you too

Yeah, your name Fikri....and I’m Jeslyn from U.K or United Kingdom.

Lalu aku tanya umurnya, ternyata umurnya masih 14 tahun. Ia sangatlah muda.

Aku bilang ke dia, kam ternyata masih muda banget ya.

Lalu dia jawab begini.

of course, cause i'm still 8th grades ..(tentu saja, karena saya masih kelas delapan)


kemudian aku minta nomor hape atau whatsapp nya, tapi gagal. Kata dia gini,


sorry, I'm still students,, my family ask me not to have a phone ,,, so I don't have whatsapp.(maaf, saya masih berstatus siswa, keluargaku memintaku, untuk tidak memegang telpon atau hp, oleh karena itu saya gak punya whatsapp). Dia menjawab seperti itu karena sebelumnya, saya minta nmr hp atau whatsapp.


Lalu, aku bilang, aku senang sekali bisa kenal dengan kamu.


sure ... me too,, you're my first friend from malay, i mean indonesia (tentu, aku juga senang, kamu adalah teman pertamaku dari malaysia, maksud saya dari indonesia.


Selanjutny aku bilang ke dia, maaf karena aku masih di jalan dan masih makan, nanti disambung laki.

Lalu dia membalas pesanku,


ok nope ...(ia, gak apa kok)


dia tanya tentang umurku, aku jawab, bahwa aku berumur 29.

oh my .. my .. you're 29 ?? 🙂 (astaga, kamu 29?)

I should call you by "sir" .. but why you're so polite to me ... your language speak to me in too formal ,, 😉 (sudah seharusnya aku memanggilmu dengan panggilan “Pak”, tapi kenapa kamu sangat sopan sekali bicaranya pada ku dengang menggunakan bahasa yang sangat formal?)


Dan aku jawab, karena u sangat imut.

Dia jawab, “thanks sir” (terima kasih pak)

            “kenapa kamu bilang aku imut?”

            “karena kamu cantik dan manis”

            “lalu kenap kamu bilang aku cantik dan manis?”

            “kenapa aku suka sama kamu”

            “kenapa kamu suka aku?”

            “karena kamu bicaranya menarik dan punya tingkah laku yang baik. Yang akhirnya menjadikanku ingin menjadikan kamu orang spesial buat aku.” Preettt, kataku dalam hati.

            “gimana caranya kamu tahu kalo aku punya tingkah laku yang baik?kan kita belum pernah bertemu”

            “dari gaya bicaramu, tulisanmu, aku bisa tahu kalau kamu adalah orang yang baik”

            “hah, kok bisa, aneh anda ini. Apakah anda seorang yang ahli dalam psikologi?

            “bukan, saya hanya seorang guru dan dosen yang setiap harinya sudah sering menghadapi murid atau mahasiswa sepertimu”

“oh gitu, ya ya ya, aku mengerti sekarang. Dan juga aku merasa bahwa kamu mengan orang baik. Aku senang bisa kenal dengan kamu, ternyata kamu seorang guru dan dosen, luar biasa, saya bangga padamu.”

“terima kasih nona manis, Maisha Jeslyn” jawabku.

Lalu dia kirim inbox lagi ke aku,

“your profile picture .. like the one who i've just seen on internet ,,”foto profilmu... seperti sesseorang yang baru saja aku lihat di internet!”.

“loh kok bisa non, emang nona Maisha buka apa tadi?”

“ini lo yang aku buka tadi.” Lalu dia kirim aku sebuah foto yang membuatkau tersenyum. Ternyata yang dikirimka adalah fotonya Soekarno, sukarno, alias Bung karno. Aku sempat berfikir sejenak, anak semua ini, kok bisa-bisanya punya fotonya bung karno. Karena anak yang ada di indonesia saja belum tentu mau membuka, karena merea lebih suka searching artis-artis dari korea.

“la kamu kok bisa punya gambar itu?”

“itu aku dapatkan tadi ketika aku mengetikan kata “INDONESIA”  di google. Dan akhirnya muncullah gambar itu. Yang fotonya mirip dengan fotomu. Yaitu berkopyah hitam dan berkaca mata. Katanya. Hehehe, jadi GR aku, karen dibilang kayak bung karno.

Lalu aku ceritakan ke Maisya, bahwa ia adalah pahlawan saya. Seseorang yang telah membebaskan indonesia dari jajahan belanda yang kurang lebih selama 350 tahun. Ia bernama soekarno.

oh .. my,, really ... he's a president,, the first president in your country,

amzin' (astaga, sungguh, dia preseden.... presiden pertama di negaramu? Luar biasa?

what d' you mean bung karno and soekarno ? (apa maksudmu dengan bung karno dan soekarno?). ternyata dia gak paham. Dia bingung, antara sukarno, soekarno, dan bung karno, lalu aku jelaskan, bahwa, nama aslinya soekarno, dan kata soekarno itu cara bacanya sukarno atau juga sering dipanggil dengan sebutan bung karno.

“ow gitu, saya faham sekarang”

Lalu dia aku kirimi alamat website tentang wawancara bung karno dengan cindy adams dengan menggunakan bahasa inggris full. Sebab cindy adams juga bukan orang indonesia.

Script video nya kurang lebih seperti ini:

Sebelum menuju ke script video tersebut, perlu saya jelaskan dulu tentang Cindy Adams.


Di kalangan para Sukarnois (orang yang terpikat dengan bung karno baik dari segi pemikiran, cara bicaranya atau penampilan Sukarno) tentu nama Cindy Adams tidaklah asing lagi. Pasalnya, Cindy Adams merupakan satu-satunya penulis yang berhasil menuliskan autobiografi bung Karno. Wawancara mengenai pembuatan buku tersebut dilakukan di tahun 1964, namun wawancara yang akan saya post disini merupakan wawancara setelah pemberontakan G30S (beberapa menyebutkan PKI dibelakang) sekitar tahun 1966.


Cindy menanyakan kepada Bung Karno "Menurut anda siapakah pemegang kekuasaan di Indonesia saat ini?". hal ini ditanyakan karena adanya perebutan kekuasaan oleh Soeharto dan beliau pasca G30S.


Bung Karno menjawab dengan percaya diri sesuai dengan ciri khasnya

"Saya kira yang berkuasa adalah Presiden Sukarno, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata, Mandataris MPR, Perdana Menteri dan Pemimpin Revolusi" jawab beliau sambil tersenyum.


Kemudian Cindy kembali menanya bung Karno kali ini soal G30S "Apakah Anda sudah mengetahui mengenai rencana Kudeta Gerakan 30 September?


Ditanya mengenai hal demikian wajah Presiden Sukarno agak terkejut. Pasalnya, pada saat itu banyak yang menuduh Bung Karno terlibat pemberontakan tersebut, meskipun hingga akhirnya Sukarno tidak terbukti terlibat.


Melihat wajah kaget bung Karno Cindy pun mengulang pertanyaannya.


Sukarno menjawab "..Tidak! Tidak! Kenapa kau menanyakan hal ini padaku?" jawab Bung Karno


Cindy Adams pun memberi tahu alasan ia menanyakan hal tersebut yaitu karena Bung Karno adalah satu-satunya yang bisa menjawab hal tersebut.


Berikutnya Cindy kembali memberi pertanyaan kepada Bung Karno mengenai kebebasan pers "Apakah anda akan memberi kebebasan pers?"


Sukarno spontan menjawab "Tidak Akan!" Sukarno melanjutkan alasannya "Karena ini Revolusi! Tidak ada revolusi yang memberikan kebebasan pers."


Cindy pun menanyakan alasan mengapa revolusi tidak mengizinkan kebebasan pers. Jawaban Bung Karno sederhana "Karena didalam revolusi selalu saja ada orang-orang yang salah jalan" kata beliau sambil tersenyum. Beliau pun melanjutkan " karena revolusi adalah perlawanan terhadap penguasa lama, dan berjuang untuk penguasa baru, inilah Revolusi"


Cindy Adams kali ini melontarkan pertanyaan seputar kekuasaan Sukarno "Kini anda menjabat sebagai Presiden sekaligus Perdana menteri apakah anda siap dengan perubahan suatu saat nanti?". Saya kira pertanyaan itu diajukan Cindy Adams dengan maksud mengenai pencopotan Sukarno dari jabatannya di masa depan nanti yang sangat mungkin terjadi. Namun Bung Karno menanggapi hal itu sebagai pertanyaan mengenai apa yang akan dialakukan di masa tua nanti setelah tak sanggup memimpin. Beliau sama sekali tidak menyadari mengenai pencopotan kekuasaan yang terjadi.


Jawaban Sukarno adalah "Mereka telah menetapkan saya menjadi Presiden seumur hidup. Akan tetapi tentu saya punya hak untuk mengatakan ... suatu hari nanti "rakyatku aku sudah letih sekarang biarkanlah aku pergi".Kalian telah melaksanakan nya dengan baik dengan menunjukku sebagai Presiden seumur hidup. Tetapi jika keadaan tubuhku mengizinkan, aku tetap ingin menjadi Presiden hingga akhir hayatku"


"Kritik mengenai anda yaitu Anda lebih mementingkan monumen dibandingkan hak rakyat(yang dimaksud adalah kebebasan pers)?" begitulah cindy adams menanyai bung Karno


Sukarno menjawab dengan bertanya balik "Mengapa Amerika membuatkan monumen Washington untuk rakyatnya" ,"Hal ini karena dalam pembangunan mental suatu bangsa dibutuhkan monumen."


Kali ini Sukarno yang bertanya balik kepada Cindy Adams "Mengapa pers Amerika begitu bodoh dengan mengabarkan saya sakit? Apakah saya terlihat sakit?


Cindy adams kemudian menjawab "Tidak." "Pernahkah anda memikirkan hal ini akan terjadi?"


Bung Karno pun menjawab "Kamu tahu bahwa saya seorang yang percaya pada Tuhan. Semua hal bergantung pada yang diatas sana. Hidup atau mati semua bergantung pada yang diatas sana, bergantung pada Tuhan. Jatuh atau tidak jatuh juga bergantung pada Tuhan." "Saya tidak melihat tanda apapun bahwa saya akan jatuh atau akan dijatuhkan." Jawaban ini tentu dilontarkan Sukarno dengan tujuan untuk menjaga kewibawaan kekuasaan di Indonesia, padahal beliau sendiri yang paling yakin mengenai kejatuhannya sudah dekat seperti yang sering beliau katakan kepada pengawalnya maupun anak-anaknya bahwa tanda kejatuhannya sudah dekat.


Cindy kemudian menanyakan "Setelah Sukarno tidak lagi menjadi Presiden, anda kira apa yang akan terjadi dengan republik ini?" Sukarno menjawab "Andai Tuhan memberiku waktu 15 atau 20 tahun lagi maka saya akan pergi dengan hati yang tenang. Karena bangsa ini sudah menjadi bangsa sudah berkembang menjadi bangsa yang kuat."


Cindy menanyai Sukarno, kali ini soal persatuan "Apakah setelah anda tidak lagi menjadi presiden tetap akan ada persatuan di negeri ini?" Sukarno menjawab singkat "Saya kira ya."


Cindy adams kemudian menanyai mengenai suksesor bung Karno "Apakah pernah terlintas di benak anda siapa yang akan menjadi pengganti anda?"


Sukarno menjawab " Tidak! karena seorang suksesor tidak pernah ditunjuk, tetapi ia tumbuh bersama bangsa itu."


Kurang puas mengenai jawaban Sukarno "Tapi apakah pernah terlintas di pikiran anda mengenai siapa suksesor anda"


Sukarno menjawab "tentu ada tapi saya kira sampai saat ini belum ada yag cukup dewasa untuk memimpin bangsa ini."


Kemudian Cindy bertanya "bagaimana anda ingin dikuburkan nanti?"


Sukarno menjawab hal tersebut "Dibawah pohon besar, dibawah batu besar dan batu nisan. Mereka tidak boleh menulis di batu nisan ku Paduka Yang Mulia Presiden Sukarno,atau presiden yang jujur yang mulia sukarno dsb. Tidak, mereka tidak boleh menulis sepeti itu

 , mereka cukup menuliskan disini terbaring Sukarno,bagian dari rakyat indonesia.


Begitulah sekilas wawancara terhadap Sukarno. Seorang Bung yang terlalu besar untuk dikecilkan bahkan lewat doktrin desukarnoisasi ala Orde Baru. Hingga kini nama beliau tetap berkobar-kobar harum penuh semangat didalam hati para patriot bangsa.


Dan setelah menonton video tersebut, Maisha kirim inbox ke aku,


awsome .... hi's like super power man, from his speaking i can know that he's very emphatic... really emphatic... (luar biasal....dia seperti manusia super, dari cara bicaranya, saya tahu bahwa dia sangat tegas, sangat-sangat tegas).


Aku jawab, tentu saja. Bahkan amerika saja mau dihancurkan dengan kata GANYANG MALAYSIA. Bahkan amerika saja takut dengan Soekarno.


hey, isn't he the the one who helped algeria to be freedom ? my teacher ever said it in politic encyclopedia. but she called him sukarno,

is that right ??!! (hey, bukankah orang tersebut (sukarno) adalah orang yang telah menolong algeria (aljazair) menjadi merdeka? Guruku berkata berkata tentang itu dalam mata pelajaran insiklopidia politik., tapi guruku memanggilnya sukarno.  Apakah itu benar?


Ya, benar, beanar sekali. Memang ada hubungannya antar sukarno dengan aljazair.

Begini lo ceritanya,

hubungan Indonesia dengan Aljazair cukup baik. Di negara ini sendiri sosok presiden pertama Indonesia,Soekarno, dikenang sebagai pejuang kemerdekaan bangsa-bangsa dunia ketiga dan sosok yang hangat, cerdas dan inspiratif.
Dalam siaran pers pada Sabtu 4 Februari 2012, dinyatakan betapa Soekarno memiliki kedekatan sendiri dengan bangsa Aljazair. Hal ini berawal dari undangan Soekarno kepada Aljazair untuk mengikuti KTT Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.
Peristiwa ini kemudian menjadi tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan Aljazair melawan kolonialisasi Perancis. Berkat forum internasional yang digagas Soekarno itulah, nama Aljazair pertama kali dikenal dunia internasional. Hingga akhirnya pada 5 November 1962 para pejuang memproklamirkan kemerdekaan Aljazair setelah melakukan perang kemerdekaan sejak tahun 1954.


Bahkan menurut salah satu cerita mantan pejuang Aljazair yang baru saja meninggal dunia pada tanggal 30 Januari 2012, Abdel hamid Mehri, Soekarno tidak hanya mendukung dan mendorong kemerdekaan Aljazair dari sisi diplomasi internasional, tetapi juga menyuplai senjata untuk perang kemerdekaan yang dikirimkan dari Moskow, Uni Soviet saat itu. Selain memberikan bantuan senjata, Bung Karno juga mengirimkan perwira-perwira TNI dari berbagai angkatan untuk melatih pejuang Aljazair.

Cerita ini banyak diketahui oleh para pejuang kemerdekaan Aljazair yang sekarang banyak menjadi pejabat atau mantan pejabat, sebagaimana juga diceritakan oleh staf lokal KBRI di Alger, Almunir Almuchtar.

Berdasarkan cerita ini, maka tak heran apabila para mujahidin dan mujahidah yang saat ini banyak duduk di pemerintah Presiden Abdelaziz Boeteflika memuji kebaikan Indonesia dan Soekarno. Warga negara Indonesia di Aljazair pun akhirnya mendapat simpati dan respons positif dari masyarakat Aljazair.

Duta Besar Niam berharap dengan modal dasar yang baik ini maka perlu dijaga dan terus tingkatkan dalam kerangka untuk membangun hubungan dua negara dan dua bangsa yang saling menguntungkan. Tidak hanya secara politik dan diplomasi, tetapi juga secara bisnis dan ekonomi yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan persahabatan kedua warga bangsa ini secara lebih luas.

"Kerjasama kedua negara dan bangsa ini harus lebih efektif dan saling menguntungkan secara nyata, baik di bidang politik, ekonomi, bisnis, diplomasi maupun saat menanggapi isu-isu internasional," kata Niam Salim yang sebelumnya aktif di Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Lalu aku jelaskan pula ke dia tentang ASEAN dan lain-lain.

Dia malah tertawa dan bilang gini:

ha ha you think i dun' knuw about ASEAN? i know a little more about SUKARNO, not soekarno or bung karno ... cause i ever read the biography about him in politic encyclopedia. i knew that he ever say 'go to hell with america' he was ever angry to america ... oh my ... we're talking about him also in our school ... with my teacher 🙂..

(haha, kamu pikir, aku gak tau tentang ASEAN? Aku tahu sedikit tentang SUKARNO, bukan soekarno atau bung karno. Aku tau karena aku pernah membaca biografi tentang beliau dalam arena perpolitikan di ensiklopidia. Saya tahu bahwa dia pernah mengatakan “amerika, silahkan pergi ke neraka”.... hmmm, kamu tau, kami memperbincangkan beliau di sekolah.dengan guruku.


oh amazing, i've just known that he's from indonesia, not from bali ... 🙂

huh ... awsome talking with you (dan ternyata beliau berasal dari indonesia ya, bukan dari Bali.,

hmm, luar biasa bicara denganmu.


Lohh, kamu salah  nona Maisha . anda ini gimana sih. Bali itu bukan negara. tapi salah satu pulai kecil dari ribuan pulau yang indonesia miliki. Orang-orang asing mengatakan bahwa bali adalah “pulau surga”.


Dan ternyata dia masih belum percaya bahwa bali adalah salah satu pulai di indonesia.

Lantas dia kirim inbox,

so bali is apart of your indonesia?? really? isn't bali a country? (jadi, bali itu adalah bagian dari indonesiamu? Sungguh seperti itu? Bukankah bali adalah sebuah negara?


dia tetap bersikukuh dengan pendiriaannya bahwa bali adalah negara. karena,

yeah everyone here said that bali is paradise of the world ... so it means indonesia is paradise ?? not bali ??(yeah, setiap orang di britania raya mengatakan bahwa bali adalah surga dunia,, jadi ternyata bali itu di indonesia, berarti indonesia adalah surga, bukan balinya?


Ya, betul sekali. Bali itu hanya satu pulai kecil dari ribuan pulai yang ada di indonesia.


Dia melanjutkan kata-katanya,

yeah, i heard a information that america likes to bali, and wanna have bali, but i guess it now INDONESIA not bali anymore ha ha, (yeah, saya pernah mendengar informasi bahwwa amereka suka bali. Dan ingin memiliki bali. Tapi saya sekarang perkiraan saya berubah, amerika bukan ingin memiliki bali, tapi indonesia. Ha ha.


Lalu dia tanya lagi tentang bung karno.

huh ... i see .. (ow gitu

hey sir, tell me the truth about SUKARNO is SOEKARNO you mean ??? 🙂

(ehh, pak...ceritakan aku yang sebenarnya tentang SUKARNO ATAU SOEKARNO yang sampean maksudkan itu)


Dengan agak emosi, aku jelaskan, bahwa, sukarno, soekarno atau bung karno, itu semua sama. Hanya masalah penulisan saja beda. Kalo sukarno itu ejakan terbaru. Kalo soekarno itu ejakan lama.

Lalu akhirnya dia membalas inbox ku.

oh wow,,, it means he's SUKARNO I mean... we're really inspired to him .. our school like talk much about him ,, I really wonder that he's really hero of the world as like my teacher ever said.

(wah, ...berarti dia adalah sukarno yang saya maksud ya pak. Kami di britania raya benar-benar terinspirasi dari beliau. Dan juga kami banyak membicarakan beliau. Saya sangat kagum bahwasannya dia benar-benar pahlawan dunia seperti yang telah dijelaskan oleh guru saya pak.



Lalu, apa mau saya jelaskan lagi, tapi dia gak mau, dia ingin melihat video-videonya sukarno di youtube.


no thanks .... now's gonna take a watch some videos about sukarno on youtube ,, i want understanding him more .. hey give me a chance sir ... 🙂


udah gak kuat mataku menulis. Karena ketika aku menulis ini, waktu sudah menunjukkan jam setengah tiga pagi.

Besok-besok mungkin akan saya tuliskan lagi pengalaman saya berbincang-bincang dengan young lady, Maisha Jelsyn.

Sekarang waktunya tidur.

Semoga dengan tulisan sedikit ini, kita ingat dengan bung karno yang ternyata di luar sana beliau menjadi inspirator tapi kenapa di negeri sendiri kita jarang mengikuti jejak langkah beliau, apalagi generasi akhir-akhir ini. Hampir saja tidak tau siapa itu bung karno, yang diketahui hanya game online, twitter fb, instagram dll. Semoga kita bisa selamat dari semua ini.

Kanto pengurus, jember 28 november, 02:31 pagi WIB.




Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+