PESANTREN AL-QODIRI

(0331) 485692 / 082232826265

Iklan

REFLEKSI G30S/PKI DI PONDOK PESANTREN

Jumat, 29 September 2017, September 29, 2017 WIB Last Updated 2017-10-03T03:51:00Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Pesantren adalah tempat santri yang mencari berbagai ilmu keagamaan. Dengan begitu, para santri seharusnya banyak mengkaji ilmu-ilmu keagamaan baik klasik maupun kontemporer. naum demikian, pesantren tidak dapat dipandang sebelah mata. sebab, kaum sarungan ini sangat besar andilnya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mengusir penjajah dibumi pertiwi ini. tak ketinggalan dengan pemberantasan Partai Komunis Indonesia PKI. Pemotaran ulang film PKI adalah sebagai usaha refleksi sejarah yang sempat hilang. hal itu penting dilakukan untuk memberikan edukasi sejarah kepada generasi muda agar mereka mengetahu bagaimana kejamnya PKI terhadap bangsa ini. kerakusan PKI akan kekuasaan seakan tidak bisa di elakkan lagi, dengan berbagai upaya seperti penghianatan mereka lakukan. 

Adalah Pondok Pesantren Al-Qodiri yang menggelar nobar (nonton bareng) pada jumat (29/9) kemarin. Al-Qodiri bukanlah ponpes yang pertama menyelenggarakan nobar film PKI ini, sebelumnya pesantren lain telah mendahului gelaran nobar G30S/PKI tersebut. pemutaran di Ponpes Al-Qodiri adalah hasil kerja sama antara pengurus dan beberapa keluarga pengasuh dan juga yayasan Pesantren Al-Qodiri. salah satu manfaat yang didapatkan setelah menonton film ini, pihak pengurus pesantren mengatakan akan menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa ini, bahwa pesantren memberikan pendidikan kepada santrinya agar tidak terpengaruh terhadap ideologi Komunisme sehingga dapat terus menjada Bangsa ini berdasarkan Pancasila dan UUD 45. 

Dalam film itu digambarkan adalah PKI membuat propaganda adanya dewan meliter yang difitnah memberontak terhadap Pemerintah dan kontra - revolusioner. Hal itu pula yang memicu adanya gerakan penculikan beberapa Jenderal yang dilakukan pada tengah malahangatan darat dengan dalih bahwa keadaan Negara lagi genting, padahal dibalik itu adalah propganda PKI untuk membunuh para jenderal itu. 

Itulah sekilas mengenai PKI. tren yang saat ini merambah masyarakat Indonesia adalah pemutaran ulang film pembantaian PKI ini seperti bom waktu yang membuat masyrakat Indonesia berbondong-bondong menonton film ini untuk kembali mengingat sejarah kekejaman PKI. adapun pemutaran film PKI di pesantren - pesantren adalah seuatu hal yang sangat baik terlepas dari banyaknya pro-kontra dari berbagai kalangan. Namun hal itu, meminjam istilahnya jenderal Gatot "emang gue pikirin" meski banyak yang kontra akan adanya hal ini. yang terpenting ini adalah usaha untuk memberikan edukasi sejarah tentang PKI. tidak hanya itu, manfaat yang dihasilkan dari pemutaran film ini dapat membendung bangkitnya PKI di Negeri tercinta ini.

suasana nobar G30S/PKI di Ponpes Al-Qodiri Jember 







Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+