PENDIRIAN PESANTREN AL-QODIRI 1 JEMBER

Minggu, 29 Oktober 2017, Oktober 29, 2017 WIB Last Updated 2021-08-10T23:12:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember didirikan oleh KH. Achmad Muzakki Syah pada tahun 1987. Beliau merupakan putra dari KH. Achmad Syaha dengan Nyai Hj. Fatimatuzzahra binti KH. Syadali dengan silsilah ke atas akan sampai pada Siti Fatimatuz Zahra al-Batul RA binti Nabi Muhammad Saw.
Pondok Pesantren Al-Qodiri / Pesantren Al-Qodiri awalnya merupakan lembaga pengajaran Islam dengan format salaf (tradisional) murni dengan system pengajian sorogan dan wethonan / bandongan. Pada tahun 1987 Madrasah diniyah (Madin) Al-Qodiri 1 Jember didirikan. Madin ini menitikberatkan pada pendidikan ilmu agama dengan system klasikal dari kelas 1 sampai kelas 4 Ibtidaiyah. Kelas 1 sampai Kelas 2 Wustha, dan Kelas 1 sampai kelas 2 Ulya. Sehingga santri bisa lulus hingga kelas paling akhir dengan kurun waktu delapan tahun. Pada tahun 1989, madrasah tsanawiyah (MTs) Al-Qodiri 1 Jember mulai dirintis oleh KH Achmad Muzakki Syah. Sekolah ini sekarang menjadi MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (2016) dengan murid 700 siswa (terdiri dari santri putra dan putri).
MTs Al-Qodiri 1 Jember mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat baik di lingkungan sekitar maupun dari kawasan lain di Indonesia baik dari Pulai Jawa maupun dari luar Jawa.
Sesuatu yang berbeda (Keunikan) dari MTs Al-Qodiri 1 Jember dengan MTs yang lain adalah di MTs Al-Qodiri anak-anak didik dengan menggunakan Panca Jiwa Santri dan juga terintegrasi antara Formal dengan Pesantren, Juga akan mendapatkan 10 Poin yang tidak akan ditemukan di MTs yang lain.
Begitu juga untuk lembaga-lembaga yang lain, baik dari TK Al-Qodiri, SD Plus Al-Qodiri (Akreditasi A), MA Al-Qodiri (Akreditasi A) SMP Plus Al-Qodiri, SMK Al-Qodiri, STIKES Bhakti Al-Qodiri, STAI Al-Qodiri (yang sebentar lagi akan berubah menjadi Institute), semuanya mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah yang lain.

PENGASUH PESANTREN
Pengasuh menduduki posisi tertinggi dalam hirarki kepemimpinan sebuah pesantren di Jawa. Termasuk di Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember. Pengasuh pertama Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember adalah KH. Achmad Muzakki Syah sendiri. Dan hingga kini beliau masih menjadi Pengasuh pertama. Dalam mengurusi Pesantren, Beliau dibantu oleh putra-putra beliau :

1.      Ketua Yayasan Al-Qodiri 1 Jember oleh : KH Taufiqur Rohman MZ
2.      Ketua Biro Pendidikan Al-Qodiri 1 Jember oleh : KH Umar Syaifuddin, SE, S.Pd., MM
3.      Wakil Ketua Yayasan Al-Qodiri 1 Jember oleh : Lora H. Fadhil Muzakki, S.Pd.I
4.      Ketua Biro Kepesantrenan Al-Qodiri 1 Jember oleh : Gus H. Helmi Emha, S.Pd.I
Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+