REUNI AKBAR DAN MEMORIAL 30 TAHUN AL-QODIRI 1 JEMBER

Sabtu, 25 November 2017, November 25, 2017 WIB Last Updated 2021-08-10T23:12:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Al-Qodiri 1 Jember, begitulah sebutan nama Pondok Pesantren ini disebut. Dengan di sematkan angka 1 (satu) di tengah-tengah penyebutannya, menandakan bahwa Al-Qodiri mempunyai banyak cabang yang tersebar diberbagai daerah, baik di dalam Jawa termasuk Jember sendiri bahkan luar Jawa termasuk Lampung dan Bali. ada sekitar lebih dari 10 cabang Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember yang tersebar. Tentu semua ini adalah kebanggaan dan prestasi yang gemilang untuk Pesantren yang usianya masih relatif muda ini. Bahkan Pesantren Al-Qodiri disebut salah satu Pesantren termuda yang ada di Kabupaten Jember.
Al-Qodiri 1 Jember bisa dibilang berada pada masa keemasan. Tak ayal, diusianya yang relatif muda yaitu 30 tahun, Pesantren Al-Qodiri telah banyak melakukan pembenahan dan pengambangan dibidang sarana prasarana pendidikan dan program-program pendidikan mulai dari dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi. Tidak hanya itu, pesantren Al-Qodiri telah mempunyai program-program unggulan yang menjadikan Pesantren ini kerap meraih presatasi gemilang baik ditingkat lokal (kabupaten) maupun regional.
Seiring perjalanannya, Pesantren Al-Qodiri akan menggelar kegiatan tahunan yaitu reuni akbar yang akan dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 01 Oktober 2017. Kegiatan reuni akbar tersebut digelar bertujuan untuk mempererat kembali tali asih antara keluaga pengasuh dengan para alumni sekaligus pula memperkenalkan kembali bahwa Pesantren Al-Qodiri mengalami perkemabangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Tidak hanya itu, kegiatan itu sekaligus memperingati tiga puluh tahun hari lahir pesantren Al-Qodiri 1 Jember sejak tahun 1987 M hingga sekarang.

Pertemuan alumni atau reuni akbar yang telah menjadi gelaran tahunan itu menjadi kesempatan sreategis bagi pengasuh Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember untuk menumbuhkan kembali motivasi kepada para alumni untuk turut membantu mengembangkan pesantren dari luar. Mengingat para alumni berperan penting dalam pengembangan pesantren ini. Staf administrasi Yayasan Pesantren Al-Qodiri 1 Jember Abdy Lazuardy Syah, S.Pd.I mengatakan reuni akbar ini perlu diadakan karena dapat mempermudah pengasuh untuk mengutarakan keinginannya untuk mengembangkan Pesantren terumata pada segi penambahan kuantitas dan kualitas santri sebagaimana dicita-citakan pengasuh. “ya, hal itu (reuni akbar, red) perlu dilakukan mengingat peran alumni juga sangat penting terutama dalam penambahan keuantitas santri”. Ungkapnya. 

Tidak jauh beda dengan Abdy, ketua pengurus Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember Fikri Farikhin, M.Pd.I mengatakan ajang tahunan tersebut sangat bagus sekali diadakan setiap tahun dengan tujuan mempererat tali silaturrahim alumni Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember dengan pegasuh sekaligus menjadikan mereka sebagai promotor Pesantren dari luar. Dengan penguatan yang disampaikan oleh pengasuh, nantinya akan membuat mereka (para alumni, red) juga akan ikut merasa memiliki meski secara fisik telah keluar dari pesantren. “sangat. Sangat bagus, karena hal yang demikian itu menjadi ajang nostalgia bagi mereka yang telah lama tidak bersua kembali dengan guru, teman sesama alumni yang asalnya saling berjauhan yang mana sulit bertemu kecuali dengan menghadiri acara reuni akbar ini. Atau mungkin dapat bertemu dengan teman-teman yang masih nyantri di Pesantren ini. dan juga dapat mempererat tali silaturrahim sekaligus ajang sosialisasi dari pihak Pesantren kepada masyarakat umum tentang eksistensi pesantren yang dari tahun ketahun mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga mereka akan mengabarkan kepada kerabat, tetangga dan lingkunngan sekitar apa dan bagaimana sebenarnya Pondok Pesantern Al-Qodiri dari tahun ketahun.” Imbunya. [sym/pgrs.pa]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+