MASALAH : IT’S EASY TO MY GOD

Rabu, 29 Agustus 2018, Agustus 29, 2018 WIB Last Updated 2021-08-10T23:12:22Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Oleh : 
Abu Tholib
[Alumnus PP Al-Qodiri 1 Jember & Pendiri dan direktur English Camp of Al-Qodiri Cabang 3]

(Jika engkau punya masalah besar, jangan berkeluh kesah. Katakan saja kepada masalah, Hay Masalah, saya punya Tuhan yang maha besar dan mampu menyelesaikan segala masalah)
KH. Ach. Muzakki Syah

Masalah merupakan hal yang mutlak yang pernah dialami oleh semua orang, semua orang pernah mengalami masalah, baik masalah besar maupun masalah kecil. Karena semua orang pernah melewati masalah, maka semua orang menanggapi atau menyelesaikan masalah berbeda-beda. Namun hal baik, jika masalah itu dapat diselesaikan. Bagaimana jika masalah tersebut tak mampu diselesaikan, bahkan dengan logika-pun tak sanggup diselesaikan. Apa hanya menyediri untuk menghilangkan masalah atau mengalihkan fokus ke hal lain. Sebenarnya semua masalah yang dihadapi semua orang berbeda-beda, dan diberikan tingkat keberatan masalah yang berbeda-beda pula. Hal tersebut sesuai dengan ayat di Al-Qur’an “Allah membebani sebuah kaum sesuai dengan kemampuan kaum tersebut”.
“Masalah bukan untuk kita hindari, tapi untuk kita dihadapi”. Sebuah klise umum tersebut memang sering kita dengarkan dari orang-orang. Namun bagaimana idealnya, kita mampu menyelesaikan masalah dengan baik?. Maka berdasarkan Dauh (Ucapan) Kiai Ach. Muzakki Syah, untuk menyelesaikan masalah harus kembali kepada yang memberi masalah, memohon pertolongan untuk mampu menyelesaikan masalah adalah solusi terbaik yang Allah tewarkan untuk kita. Bukankah dengan banyak masalah yang kita hadapi, kita semakin dewasa!. Kenapa kita harus selalu berpikir dari segi negatif terus jika berhadapan dengan masalah.  Oleh sebab itu,  selesaikan masalah sesuai dengan Firman dari Allah agar semua dapat diselesaikan dengan bijak dan tepat.
            Setiap masalah yang kita hadapi akan membuat kita mendapatkan banyak hal, pengetahuan dan pengalaman. Karena setiap tingkatan masalah akan membentuk kepribadian kita lebih baik lagi. Seperti Klise ini “Orang Sukses bukan berada di kondisi tanpa masalah, tapi di kondisi dengan banyak masalah”. Karena dengan banyak masalah, kita akan kembali kepada Yang Maha Memberi masalah. Maka, kita akan semakin dekat dengan sang Pencipta.

Apabila memiliki pertanyaan, bisa menghubungi kami. Kami dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan dari saudara.


           

Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+