AL-QODIRI MASA DEPAN

Jumat, 07 September 2018, September 07, 2018 WIB Last Updated 2021-08-10T23:12:18Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Oleh : 
Abu Tholib

[Alumnus PP Al-Qodiri 1 Jember & Pendiri dan direktur English Camp of Al-Qodiri Cabang 
3]

AL-QODIRI MASA DEPAN PART 2
(Sebuah gagasan Revolusioner dari Alumni Al-Qodiri, semoga menjadi pijakan dalam pembangunan Al-Qodiri masa depan).

            Al-Qodiri merupakan Pondok Pesantren yang cukup terkenal di Indonesia dan di Mancanegara. Terkenalnya Pondok Pesantren Al-Qodiri tersebut terdapat banyak faktor, diantaranya: Manaqib Syah Abdul Qodir Jaelani dan Bisnis dengan brendpondok pesantren Al-Qodiri, seperti air minum, Pom bensin, dsb. Hal tersebut sebagai modal besar dalam merekrut lebih banyak pendaftar agar mampu mencapai 5000 Santri.
            Lalu, Bagaimana menurut pendapat anda dengan pamor Al-Qodiri yang sudah terkenal, khususnya dalam memaksimalkan peningkatan kualitas santri?
Maka, saya mengusulkan “Pembangunan SDM berbasis kemampuan penting yang dibutuhkan dunia”. Salah satunya yang sudah ada di Pondok pesantren, pembelajaran Bahasa Arab, Inggris, dan Baca Kitab. Tiga Kompetensi penting tersebut apabila dijadikan sebuah sistem yang sama dan diterapkan di masing-masing wilayah, maka ini akan berpotensi menjadikan santri memiliki kompetensi tingkat dunia.
Bagaimana penerapan konsep tersebut di Pondok Pesantren Al-Qodiri?
maka harus memiliki Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan/Konsultan
1.      Perencanaan
Para perencana yakni orang-orang yang memiliki ide atau konsep brilian tentang pondok pesantren Al-Qodiri di masa depan. Orang-orang tersebut diantaranya: Santri, Alumni, Ustadz, masyarakat, jama’ah manaqib. Ide-ide tersebut ditulis di kertas dan dikumpulkan di Pengurus Al-Qodiri, yang nantinya Pengurus Al-Qodiri akan menindaklanjuti ide/konsep tersebut.
Apabila dalam blog ini, adalah penguasaan 3 kompetensi, maka para perencananya yakni mereka yang paham akan 3 kompetensi tersebut, seperti Guru Bahasa Inggris, Guru Bahasa Arab, dan guru baca Kitab.
2.      Pelaksanaan
Para Pelaksana antara lain, Pengurus, Seksi, Ustadz, Guru, dan Pendar. Pelaksana ini melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur. Apabila dalam blog ini, adalah 3 kompetensi. Maka para pelaksananya yakni mereka yang cakap dengan kompetensi tersebut.
3.      Pengawas/Konsultan
Pengawas/Konsultan disini adalah orang ahli di bidang masing-masing 3 kompetensi tersebut, dan dilakukan evaluasi setiap minggunya, lalu diperbaiki saat pelaksanaan. Sehingga apabila evaluasi setiap minggu, maka nantinya tidak akan terlalu menyimpang jika melakukan kesalahan dan akan lebih mudah tercapainya tujuan.

Abu Tholib
By. Alumnus Al-Qodiri & Founder English Camp, Al Qodiri cabang 3.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+