“KEMULIAAN BUKAN DITENTUKAN OLEH KETURUNAN, NAMUN DITENTUKAN OLEH PERJUANGAN/JERIH PAYAH”

Jumat, 07 September 2018, September 07, 2018 WIB Last Updated 2021-08-10T23:12:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Oleh :
Abu Tholib

[Alumnus PP Al-Qodiri 1 Jember & Pendiri dan direktur English Camp of Al-Qodiri Cabang 3]

KEMULIAAN BUKAN DITENTUKAN OLEH KETURUNAN, NAMUN DITENTUKAN OLEH PERJUANGAN/JERIH PAYAH”

Kemulian memiliki arti yang berbeda-beda setiap orang. Namun dalam tulisan ini, saya samakan dengan Sukses Dunia dan Akhirat, bahagia Dunia dan Akhirat. Tulisan ini mengkaji lebih mendalam tentang Kemuliaan yang ditentukan oleh perjuangan kita.
Menurut Tung Desem Waringin, untuk menjadi Sukses, seseorang melakukan 3 macam-macam Asosiasi, antara lain:
1.      Kenikmatan Jangka Pendek, dan Sengsara Jangka Panjang
Asosiasi yang pertama ini biasanya dilakukan oleh para penjahat atau kriminal. Misalnya. Seseorang mencuri barang tetangganya, ia akan merasakan kenikmatan dari barang yang ia curi, ia bisa membeli barang dari barang curiannya, ia bisa membeli yang ia mau, ia bisa pergi kemana saja yang ia suka, atau ia bisa melakukan apapun, namun ini akan berakibat pada kesengsaraan jangka panjang. Apa sengsaranya? Ia mungkin bisa masuk ke penjara apabila ia ketangkap oleh polisi. Dan dia akan masuk penjara yang sengsaranya atau penyesalannya tak kunjung berakhir.
2.      Sengsara jangka pendek, Kenikmatan jangka Panjang
Asosiasi ini berkorelasi dengan klise “Berakit-rakit kehulu, bersenang-senang kemudian. Berjuang lebih dulu baru nikmat kemudian. Misalnya. Orang yang berjuang ingin menjuarai lomba bahasa inggris. Maka ia akan berjuang dengan segenap tenaganya dan waktunya untuk bisa juara. Dalam perjuangan itu, ia habiskan waktu untuk belajar, apabila ia mengagap perjuangan itu menyengsarakan, maka yang ia rasakan ketika belajar yaitu sengsara. Namun nantinya apabila ia memenangkan lomba dan juara, ia akan mendapatkan kenikmatan jangka panjang, ia bisa menceritakan kisahnya ke orang lain, dsb
3.      Kenikmatan Jangka pendek dan jangka panjang
Asosiasi ini adalah asosiasi sempurna, dan banyak dilakukan oleh para penemu besar dunia. Michel Jordan, Albert Einsyen. Ia merupakan orang besar yang melakukan perjuangannya tidak pernah merasakan capek, dan ia akan merasakan nikmatnya jangka panjang pula, yakni menemukan penemuan besar dunia.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+