PESANTREN AL-QODIRI

(0331) 485692 / 082232826265

Iklan

SEJARAH SINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-QODIRI JEMBER

Selasa, 24 September 2019, September 24, 2019 WIB Last Updated 2019-09-24T22:50:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

SEJARAH SINGKAT
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-QODIRI JEMBER

Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember  didirikan pada hari Jum’at tanggal 29 Juli 2011 M, bertepatan dengan tanggal 28 Sya’ban 1432 H, berada didalam komplek Pondok Pesantren Al-Qodiri, jalan Manggar 139 A RT : 002 RW : 002 Gebang Patrang Jember Jawa Timur. SMK Al-Qodiri adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan Yayasan Al-qodiri, yang keberadaannya tidak dapat dilepaskan dari peran serta KH. Achmad Muzakki Syah, Pengasuh sekaligus Pendiri Pondok Pesantren Al-Qodiri, yang memang bercita-cita untuk ikut serta mencerdaskan anak bangsa, agar dapat menguasai ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, sekaligus dalam rangka ikut serta membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlaqul karimah.

(Baca juga: Profil SMK Al-Qodiri Jember)

Ditahun pertamanya berdiri, SMK Al-Qodiri sudah mampu mendapatkan peserta didik yang berjumlah 115, diantaranya terdiri dari siswa pondok dan siswa non pondok, dengan berbagai macam asal daerah yang berbeda-beda, mulai dari dalam kabupaten atau luar kabupaten bahkan luar propinsi ataupun luar pulau. Pencapain besar ini tidak lepas dari peran serta Kepala Sekolah, yakni Drs. H. Akhmad Rifa’i, M.Pd.I yang selalu menyelipkan nama SMK Al-Qodiri dalam setiap kegiatan pengajian Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani, sehingga dapat diketahui oleh sekian banyak jama’ah Manaqib yang tersebar luas hingga kepenjuru desa sampai kota diseluruh Indonesia dan akhirnya berdampak positif secara kuantitatif terhadap penerimaan siswa baru di SMK Al-Qodiri.

Selain hal tersebut di atas, minat yang sangat besar dari para wali murid juga menjadi salah satu faktor keberhasilannya, dimana pada saat itu banyak wali murid yang mengharapkan keberadaan lembaga pendidikan yang siap mengantarkan lulusannya untuk bekerja dan ditambah dengan berbasis Pondok Pesantren, yang didalamnya selain mengajarkan ilmu umum juga mengajarkan ilmu agama Islam. 

Dalam perjalanannya yang panjang SMK Al-Qodiri telah mengalami berbagai kondisi dan peristiwa yang mengantarkannya menjadi lebih kokoh dan mantap sebagai sebuah lembaga pendidikan yang berorientasi pada pembinaan peserta didik yang kreatif, mandiri dan berakhlaqul karimah. Terbitnya Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dengan nomor : 421.5/583.6/310/2011, menegaskan bahwasanya SMK Al-Qodiri merupakan lembaga pendidikan formal yang bernafaskan Islam, dimana keberadaannya sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar maupun dalam lingkup yang lebih luas, untuk mampu menjadikan peserta didik yang lulusannya dapat bersaing secara kompetitif dalam bidang ilmu pengetahuan umum dan agama, serta dibekali dengan sikap Ahlaqul Karimah dan beberapa keterampilan atau keahlian sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditekuninya.

Lebih lanjut, terdapat nilai lebih yang mampu diberikan oleh SMK Al-Qodiri Jember, khususnya dalam pembinaan dan pelatihan kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi : Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA), Praja Muda Karana (PRAMUKA), Palang Merah Remaja (PMR), Marching Band (MB-GBA), Hadrah, Teater, Fashion Show dan Olah Raga meliputi : Sepak Bola dan Futsal. Diantara beberapa kegiatan ekstrakurikuler tersebut, mampu menorehkan prestasi yang sangat membanggakan, meskipun baru berusia muda dan minim pengalaman didalam bidangnya masing-masing.

Antusiasme masyarakat dalam menitipkan putra-putrinya di SMK Al-Qodiri Jember juga sangat bagus, yang pada akhirnya menuntut pengelolaan yang lebih profesional baik dari segi tenaga pengajar, pembiayaan maupun sarana dan prasarana. Demikian sejarah singkat SMK Al-Qodiri Jember, mudah-mudahan ditahun-tahun yang akan datang dapat menjadi sekolah yang mempunyai banyak prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+