PESANTREN AL-QODIRI

(0331) 485692 / 082232826265

Iklan

AGAR LAILATUL QODAR 100% TERGAPAI

Minggu, 26 April 2020, April 26, 2020 WIB Last Updated 2020-04-27T02:59:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
AGAR LAILATUL QODAR 100% TERGAPAI

Oleh:
Fikri Farikhin

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya Lailatu Qodar, yakni malam yang nilainya setara dengan seribu bulan. Konon, Allah menganugerahkan lailatul Qodar kepada umat Nabi Muhammad karena usia umat Islam lebih pendek dibanding usia umat-umat terdahulu. Lailatul Qodar dihadirkan untuk memberikan kesempatan kepada umat Muhammad agar berpeluang untuk mengungguli amalan umat-umat terdahulu yang usianya jauh lebih panjang ketimbang umat Rasulullah.

Dengan hadirnya Lailatul Qodar bisa membantu umat Islam untuk mengimbangi usia umat-umat terdahulu, tentu dalam kualitas, bukan pada kuantitas. Sebab itulah ulama membedakan antara usia dan umur. Usia adalah lamanya Anda berada di dunia ini. Sedangkan umur adalah masa yang anda isi untuk memakmurkan jiwa dan lingkungan Anda. 

بِّسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ﴿١﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ﴿٢﴾ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ﴿٣﴾ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤﴾ سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ ﴿﴾

Dengan Menyebut nama ALLAH yang maha pengasih lagi maha penyayang.

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) di malam kemuliaan .
2. Dan tahukah kita apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih bagus dari seribu bulan.
4. di malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar.

Paling tidak ada tiga keutamaan Lailatul Qodar yang digambarkan oleh Allah dalam ayat tersebut. Pertama, orang yang beribadah pada malam itu bagaikan beribadah selama 1000 bulan, 83 tahun empat bulan. Barangsiapa yang mengisi malam itu deengan qiyamul lail, maka ia seperti ber-qiyamul lail selama seribu bulan. Barangsiapa yang bersedekah di malam itu, maka ia seperti bersedekah terus-menerus selama seribu bulan. Kedua, turunnya para malaikat ke bumi atas izin Tuhannya. Mereka mengatur segala urusan di malam itu. Mereka memenuhi langit dunia untuk menambah keberkahan malam Al-Qodar. Al-Qurthubi mengatakan bahwa pada malam itu pula para malaikat turun dari setiap langit dan dari sidratul muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan manusia hingga terbit fajar. Para malaikat turuan dengan membawa rahmat atas perintah Allah. Keutamaan ketiga yakni dihadirkannya kedamaian. lailatul Qodar adalah malam yang dipenuhi dengan kesejahteraan dan kebaikan hingga terbitnya fajar.

Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran." HR. Ibnu Khuzaimah

*Penulisan ini ditemani buku Ramadhan, Maaf, Kami masih sibuk, karya Ahmad Rifa'i Rif'an

to be continued....
Komentar

Tampilkan

Terkini

Followers

+